Jumat, 27 Februari 2015

Kisah Pendeta Barshisha dan Godaan Syetan

Kisah Pendeta Barshisha dan Godaan Syetan
Pada zaman Bani Israil, ada seorang pendeta bernama Barshisha. Dia adalah ahli ibadah dan doanya sangat maqbul. Selain itu dia juga bisa melihat orang yang sakit apa saja sehingga Barshisha sering dimintai obat bila ada orang yang sakit.
Pada suatu hari, ada iblis yang ingin menggoda Barshisha. Iblis lalu mengumumkan pada syetan-syetan lain. Iblis itu berkata, "Siapa yang bisa memfitnah dan menyasarkan pendeta ini (Barshisha)?". Lalu salah satu syetan bernama Ifrit menjawab, "Aku yang bisa memfitnah pendeta itu. Bila aku tak bisa memfitnahnya, aku terima tidak diakui sebagai golonganmu." Lalu Iblis itu berkata kepada Ifrit, "Perkara yang akan kamu gunakan, saya serahkan padamu."
Ifrit pergi menemui Ratu Bani Israil. Ratu itu mempunyai seorang anak perempuan yang sangat cantik. Ketika Ifrit dating, anak tersebut berbicara dengan orang tua dan sanak familinya. Seketika Ifrit menggoda anak perempuan itu lalu anak itu menjadi gila hingga beberapa hari. Orang tua dan keluarganya kaget dan bingung karena gilanya anak perempuan itu. Kemudian Ifrit datang lagi ke rumah Ratu itu dan menjelma menjadi seorang manusia. Ifrit berkata, "Bila Anda sekalian ingin anak perempuan ini cepat sembuh, Anda mintakan saja doa kepada pendeta Barshisha. Dia bisa menyembuhkan penyakit apa saja." Setelah mendengar keterangan Ifrit, anak itu dibawa ke rumah Barshisha lalu diobati sehingga langsung sembuh. Tetapi saat ia dibawa pulang, gilanya kambuh lagi. Ifrit berkata lagi, "Bila anak itu ingin sembuh selamanya, sebaiknya anak itu dititipkan di rumah Barshisha hingga beberapa hari." Akhirnya, dibawalah anak perempuan itu ke rumah Barshisha. Tetapi, karena Barshisha adalah ahli sholat dan puasa, dia tidak ingin menerima anak itu dirumahnya. Namun setelah dipaksa, Barshisha mau menerimanya. Anak itu pun tinggal dan diberi makan di rumah Barshisha hingga beberapa hari.  
Pada suatu hari, Ifrit membujuk Barshisha, dan tergodalah Barshisha oleh Ifrit. Barshisha jatuh cinta setelah melihat wajah anak Ratu yang cantik itu. Akhirnya Barshisha mengikuti hawa nafsunya sehingga anak perempuan itu hamil. Naudzubillah min dzalik. Ifrit kemudian mendatangi Barshisha dan berkata, "Pendeta, kamu itu bagaimana kok menghamili anak perempuan itu? Kamu tidak akan bisa selamat dari hukuman sang Ratu, kecuali kamu mau membunuh anak itu dan menguburnya di dekat mushollamu. Nanti, bila orang-orang bertanya, kamu jawab saja anak itu meninggal karena Allah, pasti mereka akan percaya." Karena takut akan hukuman Ratu, anak perempuan tadi pun dibunuh dan dikuburkan di dekat musholla Barshisha. Setelah itu, orang-orang mendatangi Barshisha untuk menanyainya tentang kematian anak perempuan tadi. Lalu Barshisha menjawab anak tadi meninggal karena Allah. Maka percayalah orang-orang itu dan mereka pulang kembali. Ifrit kemudian mendatangi orang-orang yang baru pulang dari rumah Barshisha dan mengatakan, "Sebenarnya pendeta tadi berhubungan dengan anak ratu sehingga anak itu hamil. Tetapi karena dia takut dengan hukuman Ratu, dia pun membunuh anak itu dan menguburkannya di dekat musholla."  Ratu Bani Israil pun mendengar kabar itu. Segera dia berangkat menyelidiki ke rumah Barshisha. Kemudian menggali kuburan anak tadi. Dan benar saja, bahwa anak tadi meninggal karena dibunuh.
Akhirnya, Barshisha ditangkap dan digantung. Setelah Barshisha digantung, Ifrit mendatanginya dan berkata, "Aku bisa menyelamatkanmu dari kejadian ini jika kamu mau bersujud padaku dengan sujud selain pada Allah." Barshisha pun menjawab, "Karena aku digantung seperti ini, bagaimana caranya agar aku bisa bersujud padamu?" Ifrit berkata, "Aku rela kamu sujud padaku dengan isyarat kepalamu." Lalu Barshisha pun bersujud dengan isyarat kepalanya. Ifrit lalu berkata, "Sekarang aku sudah bebas, aku tidak akan campur tangan padamu lagi. Karena aku takut pada Rabbil alamin." Akhirnya Barshisha dan syetan itu masuk neraka selama-lamanya. Naudzubillah min dzalik.

Seperti itulah syetan akan menggoda manusia hingga liang kuburnya. Hingga seorang yang ahli ibadah seperti Barshisha pun bisa tergoda oleh syetan. Naudzubillah min dzalik. Semoga kisah Barshisha ini bisa menjadi bahan renungan kita untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah. Dan semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah dari godaan-godaan syetan, amin…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar